Empat Rekor Baru dalam Shell Eco Marathon Asia 2016

Shell Eco Marathon Asia 2016 diadakan di Rizal Park, Manila yang diikuti oleh kontestan dari Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Australia. Perhelatan yang dilaksanakan tiap tahun oleh shell ini memecahkan rekor baru pada lomba kali ini. Tim HOW MUCH ETHANOL dari Panjavidhya Technological College, Thailand meraih posisi pertama kategori prototipe bahan bakar alternatif dengan perolehan jarak jelajah 2.040km/l di sirkuit, Jarak itu seperti jarak antara manila dengan bangkok. Kategori Bensin UrbanConcept, tim Sadewa berasal dari Universitas Indonesia menaklukkan pencapaian tahun lalu dengan jarak 275km/l.
twitter.com/UIsupermileage
Tim negeri sakura yang tergabung dalam Clean Diesel Team memecahkan rekor sebelumnya dengan perolehan 1.424km/l dalam kategori prototipe berbahan bakar etanol. Tim terakhir yang memecahankan rekor adalah Tim UiTM Eco-Sprint dari Universiti Teknologi Mara (UiTM) Shah Alam Malaysia yang mana mengalahkan rekor mereka sendiri tahun lalu dengan kategori Bahan bakar sel hidrogen menempuh jarak 476km/m3.
Perubahan besar terjadi setelah tiga puluh tahun yang lalu kompetisi ini terlaksana dengan pengenalan Lomba Drivers’ World Championship. Pembalap akan berlomba mengunakan mobil balap biasa dengan tetap mempertahankan efisiensi berkendara. Tim juara akan mendapatkan undangan satu minggu ke Scuderia Ferrari di kantornya, Italia. Mereka akan bertemu dengan tim dan mendapatkan pelatihan serta saran dari insinyur disana untuk meningkatkan kemampuan mobil yang dikembangkan sehingga dapat memecahkan rekor di Shell Eco-Marathon 2017 nantinya.
Tiga tim dari Indonesia mendapatkan undangan itu, Tim Sadewa dari Universitas Indonesia, ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, and Tim BUMI SILIWANGI TEAM 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia. DLSU Eco Car Team - Battery Electric dari De La Salle University in Philippines juga mendapatkan tiket yang keempat dari empat tiket yang diberikan. Serta Team NTU 3D-Printed Car dari Nanyang Technological University Singapore mendapatkan undangan untuk berkompteisi dari WildCard entrance.
Pada tahun ini Shell Eco Marathon Asia 2016 mempertandingkan lebih dari 100 tim yang berasal dari 17 negara di Asia, dan Australia. Kategori yang diperlombakan tahun ini yaitu prototipe dan Urban Concept serta memiliki enam jenis bahan bakar.

0 Response to "Empat Rekor Baru dalam Shell Eco Marathon Asia 2016"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.